Minat Wanita Pasangan Usia Subur (PUS) Menggunakan Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR) Di RW 05Kelurahan Campurejo Kota Kediri

  • Susiani Endarwati akademi kebidanan dharma husada kediri
DOI: https://doi.org/10.35890/jkdh.v8i1.117 Abstract Views: 1457 | PDF Downloads: 627

Downloads

Download data is not yet available.
  
Keywords: minat, wanita pasangan usia subur, AKDR

Abstract

Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR) sebagai alat kontrasepsi yang efektif mempunyai angka kegagalan rendah yaitu 1-3 kehamilan per 100 wanita, namun tidak semua masyarakat dapat memilih AKDR sebagai alat kontrasepsi karena kurangnya pemahaman masyarakat tentang AKDR serta penilaian yang keliru bahwa AKDR lebih mahal. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui minat wanita pasangan usia subur (PUS) menggunakan AKDR di RW 05Kelurahan Campurejo Kota Kediri.

Desain penelitian menggunakan deskriptif. Populasi adalah seluruh wanita PUS di RW 05Kelurahan Campurejo Kota Kediridengan taknik total sampling didapatkan sampel sejumlah 75 responden. Variabel pada penelitian ini adalah minat wanita PUS menggunakan AKDR. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, pengolahan data meliputiediting, coding, scoring, tabulating, dan di analisa dengan prosentase.

Hasil penelitian menunjukkan dari 75 responden yang diteliti didapatkan Minat indikator ketertarikan yaitu 30 responden (40%) memiliki minat sedang, indikator perhatian yaitu 37 responden (49,33%) memiliki minat rendah,indikator motivasi yaitu 30 responden (40%) memiliki minat rendah dan indikator pengetahuan yaitu 25 responden (33,33%) memiliki minat rendah.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa minat wanita PUS menggunakan AKDR adalah rendah. AKDR adalah salah satu metode kontrasepsi jangka panjang yang sangat dianjurkan oleh pemerintah, maka dari itu tenaga kesehatan dan tokoh masyarakat bekerjasama memberikan informasi melalui penyuluhan sehingga diharapkan dapat merubah penilaian yang keliru tentang AKDR dan terlebih meningkatkan minat wanita untuk menngunakannya.

References

Atikah, Proverawati dkk. 2010. Panduan Memilih Kontrasepsi. Yogyakarta : Nuha Medika

BKKBN.2011. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi.Jakarta : Bina Pustaka Sarwono Prawiroharjdo
BKKBN.2015. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi : Jakarta : Bina Pustaka Sarwono Prawiroharjdo
Handayani.Sri, 2010.Buku Ajar Pelayanan Keluarga Berencana.Yogyakarta : Pustaka Rihama
Sulistyawati, Ari. 2011. Pelayanan Keluarga Berencana . Jakarta selatan : Salemba Medika.
Taufika, dkk. 2013. Buku Ajar Kependudukan & Pelayanan KB .Jakarta : Buku Kedokteran.
Kemenkes RI. 2015. Profil Kesehatan Kota Kediri.Kemenkes RI Dinkes Kabupaten Kediri.
Published
2019-09-11
How to Cite
EndarwatiS. (2019). Minat Wanita Pasangan Usia Subur (PUS) Menggunakan Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR) Di RW 05Kelurahan Campurejo Kota Kediri. JURNAL KEBIDANAN, 8(1), 17-21. https://doi.org/10.35890/jkdh.v8i1.117