Gambaran Perkembangan Motorik Halus Anak Pada Usia 3-5 Tahun Di Posyandu 1 Kelurahan Botoran, Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung
DOI:
https://doi.org/10.35890/jkdh.v8i2.130Keywords:
Pengetahuan Wanita PUS Metode Kontrasepsi MOWAbstract
Perkembangan motorik adalah proses tumbuh kembang kemampuan gerak seorang anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran perkembanagan motorik halus pada anak usia 3-5 tahun. Desain penelitian ini menggunakan desain deskriptif dengan pendekatan Croos Sectional.. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 3-5 tahun, pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. sehingga didapatkan sampel sebanyak 30 responden. Instrument pada penelitian ini berupa lembar observasi (DDST II) untuk perkembangan motorik halus. Data yang diperoleh diolah dengan editing, coding, scoring, tabulating, kemudian diprosentasikan. Hasil penelitian yang didapatkan dari 30 responden perkembangan motorik halus pada anak usia 3-5 tahun dengan perkembangan normal sebanyak 20 responden (66,67%), perkembangan dengan hasil meragukan sebanyak 6 responden (20%),sedangkan anak dengan perkembangan abnormal sebanyak 4 responden (13,33%). Bedasarkan penelitian ini disimpulkan bahwa perkembangan motorik halus anak usia 3-5 tahun dengan perkembangan normal sebanyak 20 responden (66,67%). Meskipun demikian masih ada sebagian kecil anak yang perkembangannya abnormal. Oleh karena itu, petugas kesehatan khususnya bidan berperan penting dalam pemantauan perkembangan motorik halus anak dan juga memberikan penyuluhan kepada orangtua khususnya ibu tentang perkembangan motorik halus dan bagaimana cara stimulasi perkembangan motorik halus sesuai usia anak.
Downloads
References
Hidayat,A.,2010. Metode Penelitian Kebidanan dan Teknik Analisi Data ed. Jakarta : Salemba Medika.
.,2012. Metode Penelitian Kebidanan dan Teknik Analisi Data ed. Jakarta : Salemba Medika
.,2014. Metode Penelitian Kebidanan dan Teknik Analisi Data ed. Jakarta : Salemba Medika.
Nursalam., 2010. Konsep & Penerapan Metode Penelitian Ilmu Keperawatan ed.Jakarta : Salemba Medika.
2014. Metode Penelitian Ilmu Keperawatan ed. Jakarta : Salemba Medika.
Notoatoadjmo,Soekidjo., 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan ed. Jakarta : Asrdi Mahasatya.
2012. Metodologi Penelitian Kesehatan ed. Jakarta : Asrdi Mahasatya
Papila ,Et Al. 2009. Human Development. Jakarta : Saleba
Riyadi.S& Intan Ratnaningsih. 2012. Tumbang. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Santrock, John W. 2003. Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga
Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga
Saryono., 2011. Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta : Mitra Cendikia
Setiyadi., 2013. Metodologi Penelitian. Bandung : Salemba
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitattifdan R&D.ed. Bandung : Alfabet
Sulistyawati, A, 2015. Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak. Jakarta : Salemba Medika
Suwariyah,P., 2013.Tes Perkembangan Bayi dan Anak. Jakarta : CV.Trans Info Medika.
Soetjiningsih. 2012. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta : Erlangga
Yuniarti,S., 2015. Asuhan Tumbuh Kembang Neonatus Bayi-Balita dan Anak Pra-sekolah. Bandung : Refika Aditama
Yusuf.S., 2012. Pesikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung : Rosda
Pengarang Rudi Hartanto. Academia edu (2015) format DDST II
Arifin, 2015 format DDST [online] di akses : 18 february 2018 jam 13.18 https://www.academia.edu/15906822/DDST_DENVER_DEVELOPMENT_SCREENING_TEST_PENDAHULUAN
Infodatin, (2014). Kondisi Program Kesehatan Anak Insonesia dari: http//www.depkes.goid/folder/view/01/structura-publikasi-pusdatininfodatin.html.[accessed march12, 2018 jam 21.08 WIB]
Kemendikbud, 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia Ed.5 [online] diakses dari http://kbbi.kemdikbud.go.id/ [12 April 2018]
Wikipedia 2013. Pendidikan (oneline) di akses: 11 Februari 2018 jam 15.20
WIBhttps://id.wikipedia.pddk/wiki/pddk/2018