E EFEKTIFITAS MANAJEMEN NYERI DENGAN KOMPRES DAN RELAKSASI GENGGAM JARI TERHADAP NYERI SAAT PERSALINAN KALA I FASE AKTIF (Studi Kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Kertosono Kabupaten Nganjuk Tahun 2019)

EFEKTIFITAS MANAJEMEN NYERI DENGAN KOMPRES DAN RELAKSASI GENGGAM JARI TERHADAP NYERI SAAT PERSALINAN KALA I FASE AKTIF (Studi Kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Kertosono Kabupaten Nganjuk Tahun 2019)

  • tuning sugianti Akademi Kebidanan Wiyata Mitra Husada Nganjuk
DOI: https://doi.org/10.35890/jkdh.v9i1.134 Abstract Views: 125 | PDF Downloads: 70

Downloads

Download data is not yet available.
  
Keywords: Kata kunci : Efektifitas, Nyeri persalinan, Kompres, Relaksasi genggam jari.

Abstract

Nyeri persalinan merupakan suatu proses fisiologis yang luar biasa danintensitas nyeri yang dirasakan sangat berbeda – beda. Bahkan pada ibu yang sama pun derajat nyeri yang dirasakan pada setiap persalinan atau kala persalinan tidak serupa. Nyeri pada proses persalinan diakibatkan karena peregangan dan robekan selama kontraksi serviks. Saat ini banyak sekali cara yang digunakan dalam menghilangkan nyeri persalinan. Cara tersebut melalui menajemen pengurangn rasa nyeri yaitu dengan metode farmakologis dan non farmakologis. Penanganan nyeri secara non farmakologis antara lain adalah relaksasi, teknik pemusatan fikiran dan imajinasi, teknik pernafasan, hidro terapi masase atau sentuhan terapeutik, hipnosis, akupunctur, relaksasi genggam jari dan lain – lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh pemberian kompres dan relaksasi genggam jari terhadap nyeri saat persalinan kala I fase aktif.

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan meotde penelitian quasy-experimental (experimen semu) rancangan Non-Equivalen Group Desain. Desain ini hampir mirip dengan pretest-postest control group desain. Populasi adalah seluruh ibu bersalin di wilayah kerja Puskesmas Kertosono Kabupaten Nganjuk Tahun 2019. Cara pengambilan sampel dengan consecutif sampling, sampel penelitian ini dilakukan pada 30 responden yang terdiri dari kelompok kontrol, kelompok perlakuan I dan kelompok perlakuan II. Analisis data dengan menggunakan uji wilcoxon signed rank test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan bermakna intensitas skala nyeri sebelum dan sesudah diberikan intervensi pada kelompok kontrol dan kelompok perlakuan. Intensitas skala nyeri pada kelompok kontrol, kelompok perlakuan I dan kelompok perlakuan II sebelum dan sesudah intervensi dengan uji statistik kruskal wallis test diperoleh nilai p = 0,034 lebih kecil dari 0,05, artinya ada perbedaan intensitas skala nyeri sebelum dan sesudah diberikan intervensi, namun yang mengalami penurunan intensitas nyeri bermakna yaitu pada kelompok perlakuan I yaitu sebesar 0,004.

Kesimpulannya adalah bahwa pemberian kompres hangat, kompres dingin dan relaksasi genggam jari terbukti lebih efektif terhadap penurunan intensitas nyeri saat persalinan kala I fase aktif dibandingkan yang hanya diberikan kompres saja. Berdasarkan penelitian ini, pada ibu bersalin disarankan untuk diberikan kompres dan relaksasi genggam jari  dengan bantuan keluarga atau bidan.

 

 

References

Dharmady Agus Triyanto. 2004. Manajemen Nyeri Dalam Suatu Tatanan Tim Medis Multidisiplin. Majalah Kedokteran Atmajaya, 1(3) :1-5.

Hidayat. A. (2006) Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia. Aplikasi dan Konsep Proses Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika

¬¬¬¬¬¬¬¬¬Liana. 2011. Teknik Relaksasi Genggam Jari Untuk Keseimbangan Emosi. http://www.pembelajaran.com/teknik relaksasi genggam jari untuk keseimbangan emosi. Diakses 11 Januari 2017 jam 20.00 WIB

Nursalam, 2003. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.

Pinandita, I . Purwanti, E. & Utoyo, B. (2012) Jurusan Keperawatan STIKes Muhammadiyah Gombong Pengaruh Teknik Relaksasi Genggam Jari Terhadap Penurunan Intensitas Nyeri Pada Pasien Post Operasi Laparotomi, Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, 8 (1)

Pramana, Setia. 2012. Dasar – Dasar Statistika dengan Software R: Teori dan Aplikasi. Edisi 2. Jakarta : Springer Science & Bussines Media.

Prawirohardjo, Sarwono. 2010. Ilmu Kebidanan. Jakarta : Yayasan Bina Pustaka
Published
2020-04-05
How to Cite
sugianti tuning. (2020). E EFEKTIFITAS MANAJEMEN NYERI DENGAN KOMPRES DAN RELAKSASI GENGGAM JARI TERHADAP NYERI SAAT PERSALINAN KALA I FASE AKTIF (Studi Kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Kertosono Kabupaten Nganjuk Tahun 2019). JURNAL KEBIDANAN, 9(1), 7 - 12. https://doi.org/10.35890/jkdh.v9i1.134