Efek Senam Hamil Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Ibu Hamil

  • Widya - Kusumawati Akademi Kebidanan Dharma Husada Kediri
DOI: https://doi.org/10.35890/jkdh.v9i1.148 Abstract Views: 501 | PDF Downloads: 277

Downloads

Download data is not yet available.
  
Keywords: Senam Hamil, Tingkat Kecemasan, Ibu hamil

Abstract

Salah satu ketidaknyamanan yang sering timbul pada kehamilan adalah kecemasan pada kehamilan.  Senam hamil merupakan salah satu bentuk olahraga sedang, yang dapat mengurangi keluhan selama kehamilan, termasuk mengurangi tingkat kecemasan dalam menghadapi persalinan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efek senam hamil terhadap tingkat kecemasan pada kehamilan. Penelitian ini merupakan penelitian komparasi dengan pendekatan cross sectional. Lokasi penelitian di Puskesmas Tiron pada bulan April - Juli 2018. Sampel penelitian sebanyak 30 responden kelompok senam dan 30 responden kelompok kontrol dengan menggunakan tehnik purposive sampling. Data tingkat kecemasan pada kehamilan diperoleh melalui instrumen kuesioner (Zung Self-Rating Anxiety Scale / ZSAS). Analisa data menggunakan uji Wilcoxon Man-Whitney U Test dengan tingkat kemaknaan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 30 responden kelompok senam tidak ada yang mengalami kecemasan, sedangkan pada kelompok kontrol (tanpa senam) terdapat 1 responden (3,33%) mengalami kecemasan berat. Hasil analisa diperoleh nilai p = 0,154 yang artinya tidak ada efek yang signifikan senam hamil terhadap tingkat kecemasan pada kehamilan. Hasil penelitian ini dapat dijadikan oleh tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan dan konseling kehamilan tentang aktivitas fisik yang efektif untuk membantu mengurangi keluhan kecemasan pada kehamilan.

References

Aliyah, Jannatin. 2016. Pengaruh Pemberian Senam Hamil Terhadap Tingkat Kecemasan Dan Kualitas Tidur Ibu Hanil Di Puskesmas Samata Kabupaten Gowa. Makassar : Universitas Hasanuddin.
Anik Maryunani & Yetty Sukaryati, 2011. Senam hamil, Senam Nifas, dan Terapi Musik. Jakarta: CV. Trans Info Media.
Gorie, T.M., McKinney, E.S., & Murray, S. Foundations of maternal newborn / nursing / 2nd Ed. United States of America : W.B. Saunders Company, 1998.
Kartono, K. Psikologi Wanita : Mengenal wanita sebagai ibu dan nenek. Bandung : Mandar Maju, 1992.
Laksmi, Purwita Wijaya, dkk. (eds.). 2008. Penyakit-penyakit pada Kehamilan Peran Seorang Internis. Jakarta: Pusat Penerbitan Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.
Rizky Fauzy & Endang Fourianalisyawati. 2016. Hubungan Antara Depresi Dengan Kualitas Hidup Pada Ibu Hamil Beresiko Tinggi. Jurnal Psikogenesis. Volume 4 No. 2 : 206-214.
Stuart. 2006. Buku Saku Keperawatan Jiwa Edisi 5. Jakarta: EGC.
Yonne Astria, Irma Nurbaeti, Catur Rosidati. 2009. Hubungan Karakteristik Ibu Hamil Trimester III Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Persalinan Di Poliklinik Kebidanan Dan Kandungan Di Rumah Sakit X Jakarta. Volume 10 No. XIX Oktober 2008 – Februari 2009 : 38-48.
Zung, W.W.K. Rating Anxiety for anxiety disorder phsychosomatic. USA : Mosby Company, 1997.
Published
2020-04-05
How to Cite
KusumawatiW.-. (2020). Efek Senam Hamil Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Ibu Hamil. JURNAL KEBIDANAN, 9(1), 57 - 61. https://doi.org/10.35890/jkdh.v9i1.148