Hubungan Motivasi dengan Ketepatan Waktu Suntik Ulang Akseptor Kb Suntik 1 Bulan

  • Susiani Endarwati Akbid Dharma Husada Kediri
DOI: https://doi.org/10.35890/jkdh.v9i1.149 Abstract Views: 87 | PDF Downloads: 107

Downloads

Download data is not yet available.
  
Keywords: Motivasi, Ketepatan waktu, suntil ulang KB suntik 1 Bulan

Abstract

Kontrasepsi suntik 1 bulan merupakan kontrasepsi yang harus diberikan setiap bulan agar tingkat efektivitasnya terpenuhi. Oleh karena itu diperlukan dukungan motivasi dari akseptor untuk melaksanakan suntik ulang secara tepat waktu. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan motivasi dengan ketepatan waktu suntik ulang pada akseptor KB suntik 1 bulan di PMB Ny. Endang Sumaningdyah Bandar Lor Kota Kediri.

Desain pada penelitian ini adalah analitik korelasional dengan pendekatan  cross sectional. Populasinya seluruh akseptor suntik 1 bulan  di PMB Ny Endang Sumaningdyah Bandar Lor Kota Kediri dengan teknik sampling accidental  sampling di dapatkan sampel 30 responden. Pengumpulan data tentang motivasi suntik menggunakan kuesioner sedangkan ketepatan suntik ulang dengan kartu akseptor KB. Data diolah dan dianalisis dengan uji Regresi Logistik.

Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden memiliki motivasi suntik ulang kategori rendah  yaitu 17 responden (56,7%), sebagian besar responden melakukan suntik ulang tepat waktu yaitu 23 responden (76,6%) dan ada hubungan motivasi dengan ketepatan waktu suntik ulang KB suntik 1 bulan (p=0,007 < 0,05 maka H0 diterima) dengan koefisien korelasi 0,482).

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan ada hubungan motivasi dengan ketepatan waktu suntik ulang, motivasi merupakan daya dorong bagi akseptor untuk melaksanakan suntik ulang tepat waktu. Dibutuhkan peran serta tenaga kesehatan khususnya bidan tempat dimana ibu mendapatkan suntikan untuk menekankan dan mengingatkan pentingnya datang sesuai dengan jadual yang ada dalam Kartu akseptor KB.

References

Azwar, Saifudin. (2007). Seri Psikologi Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya, Yogyakarta : Liberty
Azwar. S 2008. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta : Liberty.
Dinkes Jatim, 2010. Profil Kesehatan Propinsi Jawa Timur. www.dinkesjatim.go.id
Hanifa Wiknjosastro, Saifuddin, Abdul Bari dan Rachimhadhi, Trijatmo. 2005. Ilmu Kebidanan. Edisi Ketiga Cetakan Ketujuh. Jakarta : Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.
Saifuddin, 2010. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo
Wignjosastro, dkk. 2004. Ilmu Kandungan. Jakarta : Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo
BKKBN. 2002. Susuk KB. Available from http://www.bkkbn-jatim.go.id
Published
2020-04-05
How to Cite
EndarwatiS. (2020). Hubungan Motivasi dengan Ketepatan Waktu Suntik Ulang Akseptor Kb Suntik 1 Bulan. JURNAL KEBIDANAN, 9(1), 52 - 56. https://doi.org/10.35890/jkdh.v9i1.149