PENGARUH MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP PENGETAHUAN SISWI SMP 6 TERNATE TENTANG CARA MENGATASI NYERI HAID
PENGARUH MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP PENGETAHUAN SISWI SMP 6 TERNATE TENTANG CARA MENGATASI NYERI HAID
DOI:
https://doi.org/10.35890/jkdh.v9i2.158Keywords:
Pengetahuan Siswi Pengetahuan Penanganan Nyeri HaidAbstract
Pengetahuan siswi SMP 6 Ternate mengenai cara mengatasi nyeri haid cukup rendah yang dibuktikan dengan adanya data presurvey yang diperoleh dari sekolah dengan mewawancarai siswi SMP 6 Ternate yang sudah menarche usia 11-14 tahun. Dari 10 siswi yang diwawancarai hanya 4 yang memiliki pengetahuan yang cukup baik tentang bagaimana mengatasi nyeri haid, terutama pengetahuan mengenai mitos-mitos yang beredar di masyarakat secara turun temurun yang masih tetap menjadi kepercayaan sebagian besar masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar pengaruh dari penggunaan media permainan ular tangga terhadap pengetahuan siswi SMP 6 Ternate tentang Cara Mengatasi Nyeri Haid. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy Experiment dengan rancangan penelitian yang digunakan melalui “pretest dan post test with control grup. Jumlah sampel sebanyak 98 orang siswi SMP 6 Kota Ternate. Prosedur pengambilan sampel dengan cara acak dan random sesuai dengan kriteria yang ada. pengambilan data sendiri menggunakan kuisioner dan analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat. Hasil penelitian diperoleh Asymp. Sig 2 tailed didapatkan 0,000 sehingga p< α (0,05) yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya ada pengaruh penyuluhan baik dengan metode ceramah maupun dengan media ular tangga. Sementara hasil post test menunjukkan dari kedua metode penyuluhan tersebut, penggunaan media ular tangga terlihat lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan siswi SMP 6 Tentang Cara Mengatasi Nyeri Haid. Hal ini berarti terdapat pengaruh dari penggunaan media permainan ular tangga terhadap pengetahuan siswi SMP 6 Ternate tentang cara mengatasi nyeri haid
Downloads
References
2. Arief S Sadiman, dkk. 2006. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
3. Asma’ulludin, A. K. (2015). Kejadian dismenore berdasarkan karakteristik orang dan waktu serta dampaknya pada remaja putri SMA dan sederajat di Jakarta Barat tahun 2015. Institutional Repository. Diperoleh pada tanggal 4 Februari 2018 dari http://repository.uinjkt.ac.id
4. Clark, Donald. (2006). Games and e-learning : www.caspian learning.co.uk/whtpcaspian-gamers_1.1.pdf
5. Ernawati. 2010. Terapi relaksasi terhadap nyeri dismenore pada mahasiswi Universitas muhammadiyah semarang. Tersedia di http:// jurnal unimus.ac.id.vol 1 no 1. Diakses tanggal 27 April 2019.
6. Gumangsari, Ni Made Gita. 2014, Pengaruh Massage Counterpressure Terhadap Penurunan Tingkat Nyeri Haid Pada Remaja Putri di SMA N 2 Ungaran Kabupaten Semarang, Terdapat dalam http://perpusnwu.web.id/karyailmiah/documen ts/3637.pdf diakses tanggal 25 Juli 2019
7. Hanafiah dan Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama
8. Hidayat, A. A. A. 2014. Metode penelitian keperawatan dan teknik analisa data .Jakarta : Salemba Medika
9. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017. Panduan Manajemen Kebersihan Menstruasi Bagi Guru dan Orang Tua
10. Lowdermilk. (2010). Maternity Of nursing, 8th edition. Canada: Mosby
11. Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
12. Prawirohardjo, Sarwono. 2011. Ilmu Kebidanan Sarwono Prawirohardjo. Jakarta: PT. Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo
13. Purnanindya,2013 “Pengembangan Permainan Edukasi Ular Tangga Sebagai Media Pembelajaran TIK untuk Siswa Kelas 3 SD Negeri Pujokusuman 2 Yogyakarta”
14. Sara, 2016. Efektivitas Metode Pendidikan Kesehatan dengan Simulasi Permainan Ular Tangga Terhadap Perubahan Sikap Tentang Kesehatan Gigi dan Mulut Anak Usia Sekolah di SDN 03 Singkawang Tengah
15. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta
16. Wijaya, I.M.K., et al. 2014. Pengetahuan, Sikap Dan Aktivitas Remaja SMA Dalam Kesehatan Reproduksi Di Kecamatan Buleleng. Jurnal Kemas, 10(1):33-42
17. Varney, Helen. 2004. Ilmu Kebidanan (Varney’s Midwife ’3rd ed). Bandung : Sekeloa Publisher
18. Verawaty, SN dan Liswidyawati, R. 2012. Merawat dan Menjaga Kesehatan Seksual Wanita. PT Grafindo Media Pratama. Bandung.
19. Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. ARRuzz Media. Yogyakarta.