Hubungan Pengetahuan dengan Tingkat Kecemasan Wanita Premenopause dalam Menghadapi Masa Menopause

  • Betristasia Puspitasari Akbid Dharma Husada Kediri
DOI: https://doi.org/10.35890/jkdh.v9i2.164 Abstract Views: 197 | pdf Downloads: 171

Downloads

Download data is not yet available.
  
Keywords: Pengetahuan, Tingkat Kecemasan, Wanita Premenopause, Masa Menopause

Abstract

Menopause dikenal sebagai waktu penghentian menstruasi secara permanen yang terjadi menyusul hilangnya aktivitas ovarium. Perubahan-perubahan yang terjadi secara fisik, psikis maupun seksual akan menyebabkan wanita yang sedang menghadapi menopause cemas dan khawatir. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan tingkat kecemasan wanita premenopause dalam menghadapi masa menopause. Desain penelitian ini menggunakan desain korelasional dengan pendekatan Croos Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah wanita premenopause, pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling didapatkan sampel sebanyak 36 responden. Variabel dalam penelitian ini variable independen adalah Pengetahuan Wanita Premenopause Tentang Menopause dan variabel dependen adalah Tingkat Kecemasan Wanita Premenopause dalam Menghadapi Masa Menopause. Instrument pada penelitian ini berupa kuesioner pengetahuan dan kuesioner skala HARS. Data yang diperoleh diolah dengan editing, coding, scoring, tabulating dan dianalisis menggunakan uji statistik Spermank Rank. Dari hasil uji statistik Spearman Rank didapatkan ρ-value sebesar 0,000 < α (0,05) dan r = 0,553 maka dapat disimpulkan H1 diterima, artinya ada hubungan pengetahuan dengan tingkat kecemasan wanita premenopause dalam menghadapi masa menopause di RT 15-17 Ds. Joho, Kec. Wates, Kab. Kediri. Berdasarkan hasil penelitian, hendaknya informasi tentang menopause lebih ditingkatkan dengan penyuluhan sehingga ibu premenopause dapat menghadapi masa menopause tanpa kecemasan yang berlebih. Pengetahuan yang baik tentang menopause akan menjadi dasar ibu untuk menghadapi masa menopause dengan tenang.

References

Ariyani, Ayu Putri. 2014. Aplikasi Metodologi Penelitian Kebidanan dan Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta: Nuha Medika
Lestari, P. 2015. Kumpulan Teori Untuk Kajian Pustaka Penelitian Kesehatan. Yogyakarta : Nuha Medika.
Lubis, L. 2013. Psikologi Kespro Wanita dan Perkembangan Reproduksinya. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Mulyani, Nina. 2013. Menopause Akhir Siklus Menstruasi pada Wanita di Usia Pertengahan. Yogyakarta : Nuha Medika.
Notoatmodjo, Soekidjo. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nursalam, 2011, Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan, ed 2, Jakarta : Salemba Medika.
Proverawati, 2010. Menopause dan Sindrome Premenopause. Yogyakarta: Nuha Medika.
Suparni, E. & Trisnawati, Y. 2014. Hubungan Gangguan Masa Menopause dengan Tingkat Kecemasan pada Ibu Menopause. Journal. [Online], Vol.4. No. 2, Diakses dari : download.portalgaruda.org [diakses pada 14 April 2016].
Sukarni, 2013. Kehamilan,Persalinan,dan Nifas. Yogyakarta : Nuha Medika.
Wawan Dan Dewi., 2010. Teori Dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, Dan Prilaku Manusia. Yogyakarta:Nuha Medika.
Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, 2017. Data Profil Kesehatan KabupatenKediri. [Online] Diakses dari:http://dinkes.kedirikab.go.id [diakses pada 19 Maret 2019]
Hallo Sehat, 2017. Diakses https://www.google.com/amp/s/halosehat.com/penyakit/Menopause/premenopause/amp.
Sriwaty I, & Nuryoto S. 2017. Pengaruh Psikoedukasi Menopause dan Relaksasi untuk Menurunkan Kecemasan Wanita Premenopause. Humanity (online), 12 (1) Diakses dari : https://media.neliti.com>publication.
Published
2020-10-11
How to Cite
PuspitasariB. (2020). Hubungan Pengetahuan dengan Tingkat Kecemasan Wanita Premenopause dalam Menghadapi Masa Menopause. JURNAL KEBIDANAN, 9(2), 115 - 119. https://doi.org/10.35890/jkdh.v9i2.164