Analisa Kesiapan Menghadapi Menarche Pada Siswi Sekolah Dasar di SDN Tambilung Kabupaten Bogor Tahun 2021
DOI:
https://doi.org/10.35890/jkdh.v11i2.210Keywords:
Pengetahuan, Peran Ibu, Sikap, Sumber Informasi, KesiapanAbstract
Latar Belakang: Pada masa remaja seorang perempuan akan menstruasi pertama (menarche). Setiap remaja harus mempersiapkan diri dalam menghadapi menarche. Jika tidak persiapkan dengan baik maka akan cenderung membuat remaja memiliki sikap yang negatif sehingga tidak siap dalam menghadapi menarche.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisa kesiapan menghadapi menarche pada siswi sekolah dasar di SDN Tambilung
Metodologi: Jenis penelitian ini adalah analitik korelasi dengan pendekatan Cross Sectional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 33 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Instrumen penelitian menggunakan lembar kuesioner. Analisa data dilakukan secara univariat dan bivariat. Analisis bivariat mengguankan uji statistik Chi Square.
Hasil Penelitian: Hasil penelitian didapatkan 66,7% siswi tidak siap menghadapi menarche, terdapat 57,6% memiliki pengetahuan yang baik, siswi dengan peran ibu kurang sejumlah 78,8%, terdapat 72,7% siswi bersikap negatif dalam menghadapi menarche dan sebanyak 90,9% memiliki sumber informasi yang kurang. Hasil uji Chi Square pengetahuan p-value 0,022, peran ibu p-value = 0,002, sikap p-value = 0,002, sumber informasi p-value 0,252.
Kesimpulan & Saran: Terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan, peran ibu dan sikap dengan kesiapan menghadapi menarche. Diharapkan dari hasil penelitian ini dapat ditambahkannya pelajaran yang khusus membahas mengenai menarche.
Background: woman will have her first menstruation (menarche). Every teenager must prepare themselves to face menarche. If woman do not prepare well, it will tend to make teenagers have a negative attitude so they are not ready to face menarche.
Objectives: This study aims to determine analysis of readiness to face menarche in elementary school students at SDN Tambilung.
Methodologgy: This type of research is correlation analytic with cross sectional approach. The sample in this study amounted to 33 respondents. The sampling technique used was total sampling. The research instrument used a questionnaire. Data analysis was carried out univariate and bivariate. Bivariate analysis using Chi Square statistical test
Results: The results showed that 66.7% of female students were not ready to face menarche, 57.6% had good knowledge, 78.8% of female students with less maternal roles, 72.7% of female students were negative in dealing with menarche and 90.9 % have less sources of information. The results of the Chi Square test of knowledge p-value 0.022, mother's role p-value = 0.002, attitude p-value = 0.002, source of information p-value 0.252.
Conclusion & Rekomendation: There is a significant relationship between knowledge, mother's role and attitude with readiness to face menarche. It is hoped that the results of this study can add lessons that specifically discuss menarche
Downloads
References
Anisatun Afifah, T. P. H. (2016). Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Menstruasi Dengan Kesiapan Menghadapi Menarche Pada Siswi Kelas V dan VI Di SD Negeri Dangkel Parakan Temanggung Tahun 2016. Jurnal Kebidanan, 5(9), 60–62.
Armi, A. (2018). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Remaja Terhadap Personal Hygiene (Genetalia) Saat Menstruasi Di Sman 2 Cikarang Utara Tahun 2015. Jurnal Ilmiah Keperawatan, 5(1), 41–43.
Aryani, R. (2010). Kesehatan Remaja : Problem dan Solusinya. Salemba Medika.
Budiarti, H. M. dan T. (2014). Psikologi Ibu dan Anak. Salemba Medika.
Chairanisa Anwar, R. F. (2017). Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Peran Ibu dengan Kesiapan Remaja Putri Menghadapi Menarche pada Siswi Kelas 4-6 di SD 3 Peuniti Kota Banda Aceh. Journal of Healthcare Technology Anda Medical, 3(2), 159–160.
Diyah Risnanda Nur Hanifah, Mustika Dewi, Y. S. (2020). Hubungan Antara Komunikasi Ibu dan Anak, Pola Asuh Orang Tua, dan Sumber Informasi dengan Kesiapan Mengahdapi Menarche pada Remaja Awal. Journal of Issues in Midwifery, 4(3), 147.
Erwantini, I. N. dan F. (2019). Hubungan Pengetahuan Tentang Menstruasi Dengan Kesiapan Siswi SD Dalam Menghadapi Menarche. Jurnal Kesehatan, 2(12), 138–140.
Fitriani, S. (2011). Promosi Kesehatan. Graha Ilmu.
Hartiningsih. (2010). Generasi Orang Tua Kepada Anak Melalui Proses Sosialisasi. Gramedia Pustaka.
Imam, S. (2016). Panduan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Bidang Kesehatan Menggunakan Metode Ilmiah. Citapustaka Media Perintis.
Jalaluddin, D. (2011). Pengetahuan, Konsep, dan teori Pendidikan. Aksara Baru.
Juwita, S. (2019). Dukungan Ibu Dengan Kesiapan Remaja Putri Dalam Menghadapi Menarche. Jurnal Kesmas Aclepius, 1(2), 169–170.
Khairani, A. F. & M. (2011). Hubungan Antara Komunikasi Ibu-Anak Dengan Kesiapan Menghadapi Menstruasi Pertama (Menarche) Pada Siswi Smp Muhammadiyah Banda Aceh. Jurnal Psikologi Undip, 10(2), 136–140.
Kusmiran, E. (2011). Kesehatan Reproduksi Remaja dan Wanita. Salemba Medika.
Lutfiya, I. (2016). Analisis Kesiapan Siswi Sekolah Dasar dalam Menghadapi Menarche. Jurnal Biometrika Dan Kependudukan, 5(2), 142–143.
Misaroh, A. P. (2009). Menarche : Menstruasi Pertama Penuh Makna. Nuha Medika.
Naimol, S. N. & R. (2010). Knowledge of Adolescent Girls Regarding Menstruation in Tribal Areas of Meghalaya. Journal Srudies of Tribes and Tribals, 8(1), 27–30.
Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.
Notoatmodjo, S. (2011). Kesehatan Masyarakat: Ilmu dan Seni. Rineka Cipta.
Purwandari, E. (2011). Keluarga, Control Social dan Strain Model Kontinuitas Delinquency Remaja, Fakultas Universitas Ahmad Dahlan. Jurnal Psikologi Indonesia, 8(1), 40–44.
Ramadhayanti, R. (2014). Pengaruh Komunikasi Ibu tentang Menstruasi terhadap Kesiapan Anak Menghadapi Menarche pada Siswi Kelas V SD N 53 Kubu Raya tahun 2014. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan, 5(3), 39–46.
Sarwono, S. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Rajawali Press.
Sellia Juwita, N. Y. (2018). Hubungan Pengetahuan Dengan Kesiapan Remaja Putri Dalam Menghadapi Menarche. Journal Of Midwifery Science, 2(2), 50–53.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. PT Rineka Cipta.
Soetjiningsih. (2010). Tumbuh Kembang Remaja dan Permasalahnnya. Agung Seto.
Veronika, A. (2015). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Remaja Puteri Dalam Menghadapi Menarche Di Smp Negeri 1 Deli Tua Tahun 201. Skripsi. STIKes Santa Elisabeth Medan.
Wijayanti, C. N. (2013). Hubungan Pengetahuan Remaja Tentang Menarche Dengan Kecemasan Mengahdapi Menarche di SD Tlogo Kasihan dan SD Mejing II Gamping Yogyakarta. Skripsi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jenderal Ahmad Yani Yogyakarta.
Yusuf, S. (2012). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. PT Remaja Rodsakarya.