Pendidikan dan Pengetahuan Ibu Bekerja yang Tidak Memberikan ASI Eksklusif di Kediri

  • Dian Rahmawati Akademi Kebidanan Dharma Husada Kediri
  • Lia Agustin
DOI: https://doi.org/10.35890/jkdh.v12i1.264 Abstract Views: 568 | PDF Downloads: 605

Downloads

Download data is not yet available.
  
Keywords: pendidikan, pengetahuan, ibu bekerja, ASI eksklusif

Abstract

ASI merupakan suatu emulsi lemak dalam larutan protein, laktose, dan garam organik yang di sekresi oleh dua kelenjar payudara ibu dan berfungsi sebagai makanan utama bagi bayi. ASI eksklusif merupakan pemberian ASI pada bayi usia 0-6 bulan tanpa ada makanan tambahan. Beberapa faktor yang menyebabkan ibu bekerja tidak memberikan ASI eksklusif yaitu tingkat pendidikan ibu dan pengetahuan ibu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pendidikan dan pengetahuan ibu bekerja yang tidak memberikan ASI eksklusif. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dengan pendekatan cross cektional. Penelitian dilakukan pada bulan April 2019 di Desa Joho Kecamatan Wates Kabupaten Kediri. Populasi penelitian adalah semua ibu bekerja yang tidak memberikan ASI eksklusif. Dengan teknik total sampling didapatkan sampel sebanyak 26 respoden. Pengumpulan data dengan menggunakan  kuesioner. Data yang terkumpul kemudian diolah dengan editing, coding, scoring dan tabuling dan kemudian dianalisis dengan persentase. Hasil penelitian yang didapat pendidikan 9 responden (34,6%) berpendidikan SMP, dan  pengetahuan 20 responden (76,9%) berpengetahuan cukup. Dari penelitian ini diketahui dari 26 responden sebagian besar berpendidikan SMP, dan  mempunyai pengetahuan yang cukup tentang pemberian ASI eksklusif. Sebaiknya untuk ibu yang bekerja lebih aktif untuk mencari informasi tentang ASI eksklusif.

References

Ariani, A. Putri. (2014). Aplikasi Metodologi Penelitian Kebidanan Dan Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta : Nuha Medika
Dewi. V. Nanny. Lia. (2011). Asuhan Kebidana Pada Ibu Nifas. Jakarta Selatan: Salemba
Gavinov. I.T. (2016). Sistem Informasi Kesehatan. Yogyakarta: Prama Publishing
Hasbullah. (2017). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Depok : Raja Gafindo
Hidayat, A. A. (2010). Metode Penelitian Kebidanan Dan Teknis Analisa Data. Jakarta: Salemba Medika
Kemenkes RI. (2013). Riset Kesehatan Dasar. RISKESDAS. Jakarta : Balitbang Kemenkes RI
Prasetyono. (2012). Buku Pintar ASI Eksklusif. Jogjakarta: DIVA Press
Sutanto, A.V. (2018). Nifas & Menyusui. Yogyakarta : Pustaka Baru Press
Wawan & M. Dewi. (2010). Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika
Kusumaningrum, T., ArinaMaliya, S. K., & Hudiyawati, D. (2016). Gambaran Faktor-Faktor Ibu yang Tidak Memberikan ASI Eksklusif di Desa Cepokosawit Kabupaten Boyolali (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Sihombing, S. (2018). Hubungan pekerjaan dan pendidikan ibu dengan pemberian ASI ekslusif di Wilayah Kerja Puskesmas Hinai Kiri tahun 2017. Jurnal Bidan Midwife Journal, 4(1), 40-45.
Published
2023-06-21
How to Cite
RahmawatiD., & Lia Agustin. (2023). Pendidikan dan Pengetahuan Ibu Bekerja yang Tidak Memberikan ASI Eksklusif di Kediri. JURNAL KEBIDANAN, 12(1), 1-5. https://doi.org/10.35890/jkdh.v12i1.264