Tingkat Stres saat Perkuliahan Daring Ditengah Pandemi Covid-19 dengan Premenstrual Syndrome

  • Dwi Ertiana STIKES Karya Husada Kediri
DOI: https://doi.org/10.35890/jkdh.v12i1.274 Abstract Views: 296 | PDF Downloads: 313

Downloads

Download data is not yet available.
  
Keywords: Tingkat Stres Premenstrual Syndrome (PMS) Pandemi Covid-19 Mahasiswa Sarjana

Abstract

Salah satu faktor penyebab PMS adalah stres yang rentan terjadi akibat perubahan fisik dan psikologis yang cepat pada mahasiswa terutama ditengah Pandemi Covid-19 perkuliahan secara daring menjadikan stres akademik.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada hubungan tingkat stres saat perkuliahan daring ditengah pandemi covid-19 dengan PMS Mahasiswa Sarjana Kebidanan Alih Jenjang Kelas Non Kerja STIKES Karya Husada Kediri. Penelitian ini menggunakan metode analitik korelasi dengan pendekatan cross-sectional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Sarjana Kebidanan yang berjumlah 50 mahasiswa, sampel diambil sebanyak 44 responden dengan teknik non random sampling. Instrument dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, analisis data menggunakan uji Spearman Rho.Hasil penelitian, didapatkan p value = 0.000 (> a = 0,005), r = 0.782 menurut tabel inteprestasi korelasi yaitu tingkat hubungan kuat dan arah korelasi positif. Kesimpulan yang diperoleh adalah ada hubungan signifikan antara tingkat stres saat perkuliahan daring ditengah Pandemi Covid-19 dengan PMS.

One of the factors that causes PMS is stress which is prone to occur due to rapid physical and psychological changes in students, especially in the midst of the Covid-19 Pandemic, online lectures cause academic stress. The purpose of this research is to find out whether there is a relationship between stress levels during online lectures in the midst of a covid-19 pandemic. 19 with PMS Undergraduate Midwifery Students Switch Non-Work Class Classes from STIKES Karya Husada Kediri. This study uses a correlation analytic method with a cross-sectional approach. The population of this study were 50 undergraduate students of Midwifery, 44 respondents were taken as a sample using non-random sampling technique. The instrument in this study used a questionnaire, data analysis used the Spearman Rho test. The results of the study obtained p value = 0.000 (>  = 0.005), r = 0.782 according to the correlation interpretation table, namely the level of strong relationship and the direction of positive correlation. The conclusion obtained is that there is a significant relationship between stress levels during online lectures in the midst of the Covid-19 Pandemic and PMS

 

 

References

Afriyanti, N. And Lestiawati, E. (2021) ‘Hubungan Tingkat Stres Dengan Kejadian Premenstruasi Sindrom Pada Mahasiswa Div Bidan Pendidik Universitas Respati Yogyakarta’, Jurnal Ilmu Kesehatan Immanuel, 14(2), P. 71.

Amelia, C.R. (2014) ‘Pendidikan Sebaya Meningkatkan Pengetahuan Sindrom Pramenstruasi Pada Remaja’, Jurnal Kedokteran Brawijaya, 28(2), Pp. 152–154.

Andiarna, F. (2018) ‘Korelasi Tingkat Stres Dengan Kejadian Sindrom Premenstruasi Pada Mahasiswi-The Correlation Between Stress Level And Premenstrual Syndrom Among College Students’, Journal Of Health Science And Prevention, 2(1), Pp. 8–13.

Fenny Alvionita, N. (2016) ‘Hubungan Pola Makan Dengan Pre Menstrual Syndrome Pada Mahasiswi S1 Pendidikan Bidan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga’. Universitas Airlangga.

Handhika, J. Et Al. (2020) Pembelajaran Sains Di Era Akselerasi Digital. Cv. Ae Media Grafika.

Harahap, A.C.P., Harahap, D.P. And Harahap, S.R. (2020) ‘Analisis Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Covid-19’, Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 3(1), Pp. 10–14.

Hayati, F.Z. (2021) ‘Gambaran Pengetahuan Remaja Putri Berdasarkan Karakteristik Tentang Premenstrual Syndrome Kelas Xi Di Sma Negeri 1 Kadugede Kabupaten Kuningan Tahun 2021’. Stikes Kuningan.

Hifzul Muiz, M. And Sumarni, N. (2020) ‘Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online Di Era Covid-19 Dan Dampaknya Terhadap Mental Mahasiswa’, Eduteach: Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), Pp. 153–165.

Isyraq Nazihah R, P. And Naningsih, H. (2018) ‘Hubungan Tingkat Stres Dengan Pre-Menstrual Syndrome Pada Mahasiswi D Iv Kebidanan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Kendari Tahun 2018’. Poltekkes Kemenkes Kendari.

Jannah, R. And Santoso, H. (2021) ‘Tingkat Stres Mahasiswa Mengikuti Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), Pp. 130–146.

Kusumawardani, E.F. And Adi, A.C. (2017) ‘Aktivitas Fisik Dan Konsumsi Kedelai Pada Remaja Putri Yang Mengalami Premenstrual Syndrome Di Smkn 10 Surabaya’, Media Gizi Indonesia, 12(1), Pp. 54–63.

Nurramadhani, E. (No Date) ‘Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Sindrom Pramenstruasi (Pms) Pada Remaja Putri Sman 1 Leuwiliang Tahun 2022’. Uin Syarif Hidayatullah Jakarta-Fikes.

Nuvitasari, W.E., Susilaningsih, S. And Kristiana, A.S. (2020) ‘Tingkat Stres Berhubungan Dengan Premenstrual Syndrome Pada Siswi Smk Islam’, J. Keperawatan Jiwa, 8(2), P. 109.

Puspasari, H. (2020) ‘Hubungan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Remaja Putri Terhadap Kejadian Menghadapi Premenstrual Syndrome’, Syntax Idea, 1(1), Pp. 25–30.

Rivai, A. Et Al. (2020) ‘Literature Review Hubungan Tingkat Stres Dengan Perubahan Siklus Menstruasi’.

Rudiyanti, N. And Nurchairina, N. (2017) ‘Hubungan Status Gizi Dan Stress Dengan Kejadian Pre Menstrual Syndrome Pada Mahasiswa Jurusan Kebidanan Poltekkes Tanjungkarang’, Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik, 11(1), Pp. 41–46.

Siska Bela Damayanti, S. (2020) ‘Pengaruh Terapi Relaksasi Otot Progresif Terhadap Stres Remaja Putri Saat Premenstrual Syndrome’. Universitas Kusuma Husada.

Suardi, D. (2022) ‘Hubungan Aktivitas Fisik Dan Stress Dengan Kejadian Tipe Premenstrual Syndrome (Pms) Pada Remaja Putri Di Smp Tonjong Tahun 2021’, Jurnal Kebidanan, 11(2), Pp. 145–154.

Utamawati, N.E., Rositasari, S. And Murtutik, L. (2016) ‘Pengaruh Tingkat Pengetahuan Premenstrual Syndrome Terhdap Perilaku Mengatasi Premenstrual Syndrome Di Sma Negeri 6 Surakarta’. Universitas Sahid Surakarta.

Wardhani, T.Z.Y. And Krisnani, H. (2020) ‘Optimalisasi Peran Pengawasan Orang Tua Dalam Pelaksanaan Sekolah Online Di Masa Pandemi Covid-19’, Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), P. 48.

Widyowati, N. And Trimukti, W.Y. (2014) ‘Hubungan Tingkat Stres Menjelang Ulangan Kenaikan Kelas Dengan Siklus Menstruasi Pada Remaja Putri Kelas Xi Di Sma Muhammadiyah 5 Yogyakarta Tahun 2014’. Stikes’aisyiyah Yogyakarta.

Wijayanti, Y.T. (2016) ‘Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Premenstrual Syndroma Pada Remaja Putri’, Jurnal Kesehatan Metro Sai Wawai, 8(2), Pp. 1–7.
Published
2023-06-21
How to Cite
Dwi Ertiana. (2023). Tingkat Stres saat Perkuliahan Daring Ditengah Pandemi Covid-19 dengan Premenstrual Syndrome . JURNAL KEBIDANAN, 12(1), 6-14. https://doi.org/10.35890/jkdh.v12i1.274