HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG GIZI SEIMBANG DENGAN STATUS GIZI PADA REMAJA PUTRI KELAS XI AKUNTANSI 2 (DI SMK PGRI 2 KOTA KEDIRI)

  • Yunda Dwi Jayanti akademi kebidanan dharma husada
  • Nidya Elsa Novananda akademi kebidanan dharma husada
DOI: https://doi.org/10.35890/jkdh.v6i2.38 Abstract Views: 739 | PDF Downloads: 1378

Downloads

Download data is not yet available.
  
Keywords: Pengetahuan, Gizi seimbang, Status Gizi, Remaja putri

Abstract

Status gizi adalah keadaan tubuh sebagai akibat konsumsi makanan dan penggunaan zat-zat gizi. Pada remaja harus mendapatkan asupan zat-zat gizi yang seimbang dan sesuai dengan kebutuhan agar tercapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Ketidakseimbangan asupan dan perkembangan minumbulkan masalah gizi. Salah satu penyebab masalah gizi adalah kurangnya pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan tentang gizi seimbang dengan status gizi remaja putri.

            Penelitian ini menggunakan desain korelasional dengan pendekatan crooss sectional. Populasinya adalah remaja putri kelas XI Akuntansi 2 di SMK PGRI 2 Kota Kediri sebanyak 50 responden sampel diambil menggunakan teknik total sampling sehingga populasi dijadikan sampel. Variabel independennya adalah pengetahuan remaja putri tentang gizi seimbang, variabel dependennya adalah status gizi remaja putri. Pengumpulan data ini dilakukan pada tanggal 24 juli 2017 pada pengetahuan remaja putri menggunakan kusioner dan status gizi menggunakan lembar observarsi mengukur berat badan dan tinggi badan remaja putri, diolah melalui editing, coding, scoring, tabulating dan dianalisis menggunakan uji statistik Spermank Rank.

            Hasil ini menunjukkan dari 50 responden didapatkan mayoritas 27 responden (54,0%) mempunyai pengetahuan cukup, minoritas 8 responden (16,0%) yang mempunyai pengetahuan kurang, dan mayoritas 26 responden (52%) mempunyai status gizi normal, minoritas 10 responden (20,0%) yang mempunyai status gizi dengan kriteria kurus. Diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,003 < σ (0,05) maka hipotesis H1 diterima artinya terdapat hubungan yang signifikasi antara Pengetahuan tentang Gizi Seimbang dengan Status Gizi Remaja Putri.

Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa ada hubungan antara  pengetahuan gizi seimbang dengan status gizi pada remaja putri. Dengan demikian diharapkan remaja putri lebih meningkatkan pengetahuannya melalui media massa atau tenaga kesehatan, serta dapat menerapkan pengetahuan dalam memilih asupan nutrisi yang dibutuhkan remaja setiap hari sehingga dapat menunjang status gizi remaja menjadi baik

 

References

Almatsier, Sunita. 2010. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Ariani, A.P. 2017. Ilmu Gizi. Yogyakarta : Nuha Medika

Ariani, Putri. 2014. Aplikasi Metodologi Penelitian Kebidanan dan Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta: Nuha Medika

Arisman, MB. 2010. Gizi Dalam Daur Kehidupan. Jakarta : EGC

Departemen Gizi dan Kesehatan Masyarakat, 2014. Gizi Dan Kesehatan Masyarakat. Jakarta : Rajawali Pers

Djaeni, Dr. Achmad. 2008 . Ilmu Gizi. Jakarta : Dian Rakyat

Hasdianah, (ed), 2014. Gizi, Pemanfaatan gizi, Diet, dan Obesitas. Yogyakarta: Nuha Medika

Hidayat, Alimul. 2014. Metode Penelitian Kebidanan Dan Teknik Analisa data. Jakarta : Salemba Medika

Istiany, Ari. & Rusilanti. 2014. Gizi Terapan. Bandung : Remaja Rosda

Kusmiran, Eny. Kesehatan Reproduksi Remaja Wanita. Jakarta : Salemba Medika

Laelatul, Dr Dewi. 2014. Gizi dalam Kesehatan Reproduksi. Bandung : Refika Aditama

Marmi, S.ST., M.Kes. 2014. Gizi dalam Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Notoatmodjo, soekidjo. 2010. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

. 2012. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta

Nursalam. 2011. Pedoman Skripsi, Tesis, dan Instrumen Penelitian Keperawatan . Jakarta: Salemba Medika

. 2013. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika

2014 . Metode Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika

Poltekkes Depkes, 2009. Kesehatan Remaja. Jakarta : Salemba Medika
Proverawati K & Kusumawati E. 2011. Ilmu Gizi Untuk Keperawatan Dan Gizi Kesehatan. Yogyakarta : Nuha Medika

Sarwono, Sarlito. 2013. Psikologi Remaja. Jakarta : Rajawali Pers

Supariasa,dkk. 2013. Penilaian Status Gizi. Jakarta: Buku Kedokteran EGC

Wawan & Dewi. 2010. Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika

Badan Litbang Kesehatan. 2013. Status Gizi. Availabel from : http://labdata.litbang.depkes.go.id/riset-badan-litbangkes/menu-riskesnas/menu-riskesdas [accessed 07/08/2017]

Hendrayati, dkk, 2010. Pengetahuan Gizi, Pola Makan Dan Status Gizi Siswa SMP Negeri 4 Tompobulu Kabupaten Bantaeng. Availabel from: https://jurnalmediagizipangan.files.wordpress.com/2012/03/6-pengetahuan-gizi-pola-makan-dan-status-gizi-siswa-smp-4-tompobulu-kabupaten-bantaeng.pdf [accessed 24/04/2017]

Riskesdas, 2013 .Status Gizi Anak Umur 5-18 tahun. Availabel from www.dpkes.go.id/resources/download/general/Hasil%20Riskesdas%202013 .pdf riskesdas 2013 [accessed 04/03/2017]

Syahrir, Nuramalia, dkk. 2013. Pengetahuan Gizi, Body Image, Dan Status Gizi Remaja Di SMA Islam Athirah Kota Makasar. Availabel from: http://repository.unhas.ac.id/bitstream/handle/123456789/5651/Jurnal%20MMI.pdf?sequence=1 [accessed 07/03/2017]
Published
2019-03-25
How to Cite
Dwi JayantiY., & Elsa NovanandaN. (2019). HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG GIZI SEIMBANG DENGAN STATUS GIZI PADA REMAJA PUTRI KELAS XI AKUNTANSI 2 (DI SMK PGRI 2 KOTA KEDIRI). JURNAL KEBIDANAN, 6(2), 100-108. https://doi.org/10.35890/jkdh.v6i2.38