PERBEDAAN MINAT IBU HAMIL TRIMESTER III DALAM MENGGUNAKAN AKDR PASCA PLASENTA SEBELUM DAN SESUDAH PENYULUHAN (Di Desa Manyaran Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri)

  • Erma Herdyana akademi kebidanan dharma husada
  • Wildan Husnunnisa akademi kebidanan dharma husada
DOI: https://doi.org/10.35890/jkdh.v6i2.44 Abstract Views: 217 | PDF Downloads: 307

Downloads

Download data is not yet available.
  
Keywords: Minat, Ibu hamil trimester III, AKDR Pasca Plasenta, Penyuluhan

Abstract

     AKDR pasca plasenta sebagai alat kontrasepsi efektif mempunyai kegagalan rendah dan dapat digunakan untuk menekan jumlah kelahiran. Penggunaan AKDR pasca plasenta di Indonesia masih terbilang jarang yang menggunakan dengan berbagai alasan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan minat ibu hamil trimester III dalam menggunakan AKDR pasca plasenta sebelum dan sesudah penyuluhan di Desa Manyaran Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri.

     Desain penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan rancangan penelitian pra-pasca test. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 19-21 Juni 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu hamil trimester III Desa Manyaran Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri, dengan teknik Total Sampling didapatkan sampel sebanyak 20 responden. Variabel penelitian ini adalah variabel independen yaitu penyuluhan dan variabel dependen yaitu minat ibu hamil trimester III dalam menggunakan AKDR pasca plasenta. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, pengolahan data meliputi editing, coding, scoring, tabulating, dan dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Match Pairs Test.

     Hasil penelitian menunjukkan, minat ibu hamil trimester III sebelum penyuluhan adalah 15 responden (75%) berminat tinggi, dan sesudah penyuluhan adalah  19 responden (95%) berminat tinggi. Hasil uji statistik dengan Wilcoxon Match Pairs Test diperoleh  Zhitung  sebesar -3.900 dengan tingkat signifikansi (σ) sebesar 0.000 atau ρ value sebesar 0.000 < α 0,05. H1 diterima yang artinya ada perbedaan minat ibu hamil trimester III dalam menggunakan AKDR pasca plasenta.

     Dari hasil penelitian dapat disimpulkan ada perbedaan minat ibu hamil trimester III dalam menggunakan AKDR pasca plasenta sebelum dan sesudah penyuluhan di Desa Manyaran Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri. Dengan demikian diharapkan ibu hamil trimester III lebih berminat untuk menggunakan AKDR pasca plasenta sebagai alat kontrasepsi pilihannya.

 

Kata Kunci :     Minat, Ibu Hamil Trimester III, AKDR Pasca Plasenta, Penyuluhan

Published
2019-03-25
How to Cite
HerdyanaE., & HusnunnisaW. (2019). PERBEDAAN MINAT IBU HAMIL TRIMESTER III DALAM MENGGUNAKAN AKDR PASCA PLASENTA SEBELUM DAN SESUDAH PENYULUHAN (Di Desa Manyaran Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri). JURNAL KEBIDANAN, 6(2), 147-152. https://doi.org/10.35890/jkdh.v6i2.44