HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK PRASEKOLAH USIA 4-5 TAHUN (di TK An Nidhom Desa Bangsongan Kabupaten Kediri)

  • YUNDA DWI JAYANTI akademi kebidanan dharma husada
  • Lorenz Ari Ambar Wati akademi kebidanan dharma husada
DOI: https://doi.org/10.35890/jkdh.v6i1.55 Abstract Views: 1303 | PDF Downloads: 1848

Downloads

Download data is not yet available.
  
Keywords: Pola Asuh Orang Tua, Perkembangan Bahasa

Abstract

     Pola asuh orang tua merupakan cara orang tua mengarahkan anak, bagaimana mereka mendidik dan mengajarkan pada anak segala hal. Perkembangan bahasa pada anak sangat dipengaruhi adanya hubungan yang sehat antara orang tua dengan anak. Terjadinya keterlambatan berbahasa pada anak mengakibatkan anak menjadi sulit bersosialisasidengan teman sebaya maupun lingkungan sekitar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan perkembangan bahasa anak prasekolah usia 4-5 tahun.

     Desain penelitian yang digunakan yaitu korelasional dengan pendekatan cross sectional. Dengan menggunakan teknik total sampling, populasi dan sampel sejumlah 38 responden ibu dan anak prasekolah usia 4-5 tahun. Variabel yang digunakan variabel independen yaitu polaasuh orang tua dan variabel dependen yaitu perkembangan bahasa anak prasekolah usia 4-5 tahun. Penelitian dilakukan tanggal 7-8 mei 2014. Data diperoleh dari kuesioner dan cheklist DDST dan pengolahan data meliputi (editing, coding, scoring, tabulating)kemudian di analisa dengan chi square.

     Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 38 responden diperoleh 19 responden (50%) menggunakan pola asuh demokratis dalam mengasuh anaknya dan 19 anak (50%) perkembangan bahasanya normal. Berdasarkan hasil uji statistik chi square diperoleh hasil hitung (18,13) >tabel (9,49). Sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima yang berarti ada hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan bahasa anak prasekolah usia 4-5 tahun.

     Pola asuh orang tua yang sesuai dalam mengasuh anak dapat mengurangi terjadinya resiko keterlambatan perkembangan bahasa pada anak prasekolah usia 4-5 tahun. Sehingga orang tua perlu menerapkan pola asuh yang sesuai pada anaknya pada situasi tertentu.

 

 

Published
2019-03-27
How to Cite
DWI JAYANTIY., & Ambar WatiL. A. (2019). HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK PRASEKOLAH USIA 4-5 TAHUN (di TK An Nidhom Desa Bangsongan Kabupaten Kediri). JURNAL KEBIDANAN, 6(1), 99-110. https://doi.org/10.35890/jkdh.v6i1.55