HUBUNGAN MOTIVASI IBU BALITA USIA 18 BULAN SAMPAI 27 BULAN DENGAN TINDAKAN IMUNISASI DPT LANJUTAN (Di Desa Kenep Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk)

  • APIN SETYOWATI Akademi kebidanan dharma husada kediri
  • ISDIANA PUSPITASARI akademi kebidanan dharma husada kediri
DOI: https://doi.org/10.35890/jkdh.v5i2.69 Abstract Views: 321 | PDF Downloads: 275

Downloads

Download data is not yet available.
  
Keywords: Motivasi Ibu, Balita Usia 18 Bulan Sampai 27 Bulan, Tindakan, imunisasi DPT Lanjutan

Abstract

Pemberian imunisasi pada balita tidak terlepas dari motivasi ibu untuk membawa balitanya ke tempat pelayanan kesehatan. Rendahnya motivasi ibu berdampak rendahnya tindakan imunisasi DPT lanjutan sehingga balita mudah tertular penyakit diftery, pertusis, tetanus terutama mereka yang bertubuh lemah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan motivasi ibu balita usia 18 bulan sampai 27 bulan dengan tindakan imunisasi DPT lanjutan di Desa Kenep Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk.

Desain penelitian ini adalah analitik kolerasi dengan pendekatan Cross Sectional. Populasinya adalah seluruh ibu balita yang mempunyai anak usia 18 bulan sampai 27 bulan di Desa Kenep Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk, sebanyak 25 ibu. Sampel sebanyak 25 ibu menggunakan total sampling. Penelitian ini mempunyai 2 variabel yaitu variabel independen dan variabel dependen. Variabel independen adalah motivasi ibu, variabel dependen adalah tindakan imunisasi DPT lanjutan. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi KMS. Pengolahan data dengan cara editing, coding, scoring dan tabulating. Analisa data menggunakan uji Coeficient Colerasi dengan α= 0,05.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 21 ibu (84%) di Desa Kenep Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk memiliki motivasi tinggi terhadap imunisasi DPT lanjutan. Tindakan imunisasi DPT lanjutan, sebanyak 19 responden (76%) anaknya diberi imunisasi DPT lanjutan. Hasil uji statistik menggunakan Coeficient Colerasi menghasilkan r-value 0,000 ≤ a 0,05 yang berarti Ha diterima.

Ada hubungan motivasi ibu balita usia 18 bulan sampai 27 bulan dengan tindakan imunisasi DPT lanjutan di Desa Kenep Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk. Tenaga kesehatan agar lebih meningkatkan pemberian informasi kepada ibu tentang pentingnya imunisasi dasar lengkap, khususnya imunisasi DPT lanjutan.

 

 

References

Kementrian Kesehatan RI. 2013. Petunjuk Teknis Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan.

____________________. 2010. Informasi Dasar Imunisasi Rutin Serta Kesehatan Ibu dan Anak Bagi Kader, Petugas Lapangan dan Organisasi Kemasyarakatan. Jakarta: Pusat Promosi Kesehatan

___________________. 2014. Imunisasi Untuk Masa Depan Yang Sehat. Jakarta: Pusat Komunikasi Publik Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI.

Nursalam. 2011. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika

Padilah. 2014. Keperawatan Maternitas. Yogyakarta: Nuha Medika

Proverawati&Andhini.2010. Imunisasi dan Vaksinasi. Yogyakarta: Nuha Medika

Putra, Wella I. 2014.Hubungan Motivasi Ibu Balita Usia 1-3 Tahun Dengan

Tindakan Imunisasi BCG. Jurnal Keperawatan Satria Bakti Nganjuk

Riyanto Agus. 2013. Statistik Deskriptif Untuk Kesehatan. Yogyakarta: Nuhamedika

Samik dan Madarina.2013.Sistem Imun, Imunisasi, & Penyakit Imun. Jakarta: Widya Medika

Sardiman.2012. Interaksi Motivasi dan Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2015. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Uno, Hamzah B. 2013. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Wawan, A dan M, Dewi. 2010. Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha
Published
2019-04-09
How to Cite
SETYOWATIA., & PUSPITASARII. (2019). HUBUNGAN MOTIVASI IBU BALITA USIA 18 BULAN SAMPAI 27 BULAN DENGAN TINDAKAN IMUNISASI DPT LANJUTAN (Di Desa Kenep Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk). JURNAL KEBIDANAN, 5(2), 60-66. https://doi.org/10.35890/jkdh.v5i2.69