HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PENYIMPANGAN MENTAL EMOSIONAL ANAK PRASEKOLAH USIA 4-5 TAHUN (Di TK Kartika Jaya Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar)

Authors

  • Soemarmi Sudjud akademi kebidanan dharma husada kediri
  • susiani endarwati akademi kebidanan dharma husada kediri

DOI:

https://doi.org/10.35890/jkdh.v4i1.83

Keywords:

pola asuh orang tua, penyimpangan mental emosional

Abstract

Orang tua memiliki peranan yang sangat penting dalam upaya mendukung perkembangan emosional anak. Namun permasalahan sering kali muncul, manakala orang tua sering kurang tanggap.Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan penyimpangan mental emosional anak pra sekolah usia 4-5 tahun di TK Kartika Jaya.

Desain penelitian ini adalah metode analitik. Populasi dalam penelitian ini adalah semua orang tua yang mempunyai anak pra sekolah usia 4-5 tahun di TK Kartika Jaya sejumlah 32 orang dengan menggunakan total sampling. Variabel penelitian ini adalah variable independen pola asuh orang tua dan variable dependen adalah perkembangan emosional anak pra sekolah 4-5 tahun. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner. Pengolahan data menggunakan editting, coding, scoring dan tabulating. Analisa data dengan chi square.

Hasil penelitian didapatkan sebagian besar responden menerapkan pola asuh authoritative yaitu sebanyak 29 responden (91%). Dan perkembangan emosional yang sesuai yaitu 22 anak (69%), perkembangan emosional yang meragukan 6 anak (19%) dan perkembangan emosional yang mengalami penyimpangan sebanyak 4 anak (12%). Dari perhitungan statistic menggunakan uji statistic chi square menunjukkan hasil χ2 hitung 10,421 dengan α 0,05. Oleh karena itu χ2 hitung lebih besar dari χ2α  (10,421 > 5,991) maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya pola asuh orang tua berhubungan dengan penyimpangan mental emosional anak pra sekolah usia 4-5 tahun di TK Kartika JayaKecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar.

Pola asuh yang diterapkan orang tua sangat erat hubungannya dengan penyimpangan emosional.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daryo, Agoes.(2007). Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama. Bandung: Refika Aditama
Depdiknas RI, (2005). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.58 Tentang Standart Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas R.I
Hasan, Maimunah. (2010). Paud ( Pendidikan Anak Usia Dini ). Yogyakarta: Diva Press
Hidayat, Aziz Alimul. (2011). Metode Penelitian Kebidanan dan Tehnik Analisa Data. Jakarta: Salemba Medika
Hidayat, DedeRahmat. (2009). Ilmu Pengantar Psikologi Untuk Tenaga Kesehatan. Jakarta : Trans Info Medika
Nursalam.(2005). Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak. Jakarta: Salemba Medika
Patmonodewo, Soemiarti.(2008). Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: RinekaCipta
Soetjiningsih, (2014).Tumbuh KembangAnak. Jakarta: EGC
Septiari, Bety Bea.(2012). Mencetak Balita Cerdas dan Pola Asuh Orang Tua. Yogyakarta : Nuha Medika
Tandry, Novita (2011). Mengenal Tahap Tumbuh Kembang Anak Dan Masalahnya. Jakarta : Libri
Yusuf, Syamsu.(2012). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Ilham, (2013). Angka Kejadian Gangguan Emosional Anak Prasekolah. [Available fromhttp: //old.f k.ub.ac. id/artikel /id/filedownload /keperawatan/ilham% 2 0akbar_0910723004. pdf ]. AccesedOnApril5th
Pricilla (2012). Angka Kejadian Gangguan Deteksi Dini Perkembangan. [Available fromhttp://cyntiapuspa.blogspot.com/2013/09/gangguan-emosional-onset-anak.html].AccesedOnApril 12th
Wekipedia (2014). Pengertian Orang Tua. [Available from (http://id.shvoong.com/social-sciences/sociology/2336497-pengertian-orang-tua/html].AccesedOnApril 14th at 20:28

Downloads

Published

2019-04-09

How to Cite

Sudjud, S., & endarwati, susiani. (2019). HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PENYIMPANGAN MENTAL EMOSIONAL ANAK PRASEKOLAH USIA 4-5 TAHUN (Di TK Kartika Jaya Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar). JURNAL KEBIDANAN, 4(1), 14–18. https://doi.org/10.35890/jkdh.v4i1.83