PERBEDAAN PENGETAHUAN IBU SEBELUM DIBERI PENYULUHAN DAN SETELAH DIBERI PENYULUHAN TENTANG STIMULASI PERKEMBANGAN ANAK USIA 0-3 TAHUN (Di Posyandu 5 Kelurahan Srengat Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar)

  • ROFIK DARMAYANTI akademi kebidanan dharma husada kediri
  • fitria pangestuti akademi kebidanan dharma husada kediri
DOI: https://doi.org/10.35890/jkdh.v4i2.91 Abstract Views: 271 | PDF Downloads: 258

Downloads

Download data is not yet available.
  
Keywords: Pengetahuan, IBU, PENYULUHAN, STIMULASI, PERKEMBANGAN

Abstract

     Stimulasi perkembangan yang dilakukan oleh ibu maupun keluarga sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan seorang anak. Kurangnya pemberian stimulasi dapat menyebabkan penyimpangan tumbuh kembang bahkan gangguan yang menetap. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa perbedaan pengetahuan ibu sebelum diberi penyuluhan dan setelah diberi penyuluhan tentang stimulasi perkembangan anak usia 0-3 tahun.

     Desain penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan menggunakan pre test-post test. Populasinya adalah semua ibu yang mempunyai anak usia 0-3 tahun yang rutin membawa anaknya ke Posyandu di Posyandu 5 Kelurahan Srengat Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar sabanyak 23 responden. Keseluruhan populasi digunakan sebagai sampel dengan teknik total sampling. Variabel yang digunakan adalah Independent Variable  yaitu penyuluhan tentang stimulasi perkembangan anak usia 0-3 tahun dan Dependent Variable yaitu pengetahuan ibu sebelum dan sesudah diberi penyuluhan tentang stimulasi perkembangan anak usia 0-3 tahun. Pengumpulan data diperoleh  menggunakan kuesioner, pengolahan data melalui editing, coding, scoring dan tabulating. Untuk menguji adanya perbedaan dilakukan analisa uji Wilcoxon Match Pair Test.

     Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan ibu sebelum diberi penyuluhan tertinggi dengan kriteria pengetahuan kurang, sebanyak 13 responden (56,52%). Dan pengetahuan ibu setelah diberi penyuluhan tertinggi dengan kriteria pengetahuan baik sebanyak 15 responden (65,22%). Dari uji Wilcoxon didapatkan hasil ada perbedaan pengetahuan ibu sebelum diberi penyuluhan dan setelah diberi penyuluhan tentang stimulasi perkembangan anak usia 0-3 tahun (σ≤0,05).

     Berdasarkan penelitian tersebut, dapat diketahui ada perbedaan pengetahuan ibu sebelum diberi penyuluhan dan setelah diberi penyuluhan tentang stimulasi perkembangan anak usia 0-3 tahun. Sehingga diharapkan ibu lebih aktif mencari informasi untuk menambah pengetahuan dan mendeteksi dini terjadinya keterlambatan perkembangan.

Kata kunci :   , Ibu, Penyuluhan, Stimulasi, Perkembangan,

Anak

References

Ahamdi‚ Abu. 2005. Psikologi Perkembangan. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Depkes RI. 2005. Stimulasi‚ Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak. Jakarta : Depkes RI
Hidayat, A.Aziz Alimul. 2005. Pengantar Ilmu Keperawatan Anak 1. Jakarta : Salemba Medika
__________. 2007. Metode Penelitian Kebidanan Teknik Analisis Data. Jakarta : Salemba Medika
__________. 2008. Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah. Jakarta : Salemba Medika
__________. 2008. Pengantar Ilmu Kesehatan Anak untuk Pendidikan Kebidanan. Jakarta : Salemba Medika
__________. 2009. Metode Penilitian Keperawatandan Teknik Analisa Data. Jakarta : Salemba Medika
Hikmawati‚ Isna. 2011. Promosi Kesehatan untuk Kebidanan. Yogyakarta : Nuha Medika
Kartono‚ Kartini. 2007. Psikologi Anak. Bandung : CV. Mandar Maju
Tim Penyusun Pusat Kamus. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama
Machfoedz‚ Ircham. 2006. Pendidikan Kesehatan Bagian dari Promosi Kesehatan. Yogyakarta : Fitramaya
Mubarok, Wahid Iqbal. 2011. Promosi Kesehatan untuk Kebidanan. Jakarta : Salemba Medika
Notoatmodjo, Soekidjo. 2005. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : PT Rineka Cipta
__________. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Nursalam. 2008. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika
Shelov‚ Steven P. 2005. Perawatan untuk Bayi dan Balita. Jakarta : Arcan
Soetjiningsih. 2007. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta : EGC
Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : CV Alfabeta
Wawan dan Dewi. 2011. Pengetahuan, Sikap, dan Perilalaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika
Amelia‚ Hektania. 2010. Tanda-tanda Gangguan Bahasa. [internet]. 20‚ Juni‚ Available from : http//www.klipingut.wordpress.com/gangguan-perkembangan-bahasa-pada-anak‚ [accsessed on April 2014]
Chakim‚ M. Lutfi . 2012. Perlindungan Terhadap Anak yang Berhadapan dengan Hukum‚ Avaiable from : http//www. Lutfichakim.blogspot.com/2012/12/perlindungan-terhadap-anak-yang.html
Published
2019-04-12
How to Cite
DARMAYANTIR., & pangestuti fitria. (2019). PERBEDAAN PENGETAHUAN IBU SEBELUM DIBERI PENYULUHAN DAN SETELAH DIBERI PENYULUHAN TENTANG STIMULASI PERKEMBANGAN ANAK USIA 0-3 TAHUN (Di Posyandu 5 Kelurahan Srengat Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar). JURNAL KEBIDANAN, 4(2), 69-80. https://doi.org/10.35890/jkdh.v4i2.91